Analisis Stabilitas Lereng dan Perencanaan Dinding Penahan Tanah Menggunakan Turap (Studi Kasus: Tanggul Sungai Cisadane STA.0+240-STA.0+460)Lie Okta Karsela Br Sitepu / Syahidus Syuhada, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Banjir dan erosi menjadi hambatan besar bagi pengembangan lahan dan pemanfaatannya secara efektif khususnya untuk kemajuan infrastruktur. Dampak merugikan dari banjir dan erosi juga dapat mengakibatkan kerusakan properti dan kerugian secara ekonomi. Pada penelitian ini penulis memilih studi kasus ta... |
ANALISIS PENGARUH VARIASI DIAMETER CONTIGUOUS BORED PILE PADA KESTABILAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STUDI KASUS : RUAS JALAN NASIONAL CIAWI -PUNCAK - CIANJUR)9991629091 / Erdina Tyagita Utami, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Lereng merupakan satu bentuk permukaan bumi yang membentuk sudut kemiringan tertentu dengan bidang vertikal bumi. Ketidakstabilan pada lereng dapat menyebabkan keruntuhan maupun kelongsoran pada lereng. Pada penelitian ini penulis memilih lereng pada ruas jalan Ciawi – Puncak – Cianjur sebagai s... |
Perencanaan Dinding Penahan Tanah Tipe Gabion Sebagai Perkuatan Tanggul Muara Sungai Way BandingMichael Agustino Siahaan / Syahidus Syuhada, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Indonesia sebagai negara maritim dengan kekayaan laut melimpah dan banyak pulau, memiliki garis pantai yang rawan terhadap bencana seperti abrasi dan tsunami. Kabupaten Lampung Selatan, khususnya pesisir pantai Kecamatan Rajabasa, mengalami abrasi dan kerusakan akibat tsunami. Dalam upaya melindungi... |
PERENCANAAN TIMBUNAN DAN DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER (Studi Kasus : Embung Kawasan Industri Bojong, Pekalongan, Jawa Tengah)Haikal David Adnan / Rahmat Kurniawan, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Konsturksi timbunan yang berinteraksi dengan air sangat rentan untuk terjadi permasalahan akibat rembesan yang terjadi pada tubuh timbunan, yang mengakibatkan keruntuhan hidraulik pada timbunan. Oleh karena itu, perencanaan tanggul timbunan perlu direncanakan dengan baik untuk mencegah keruntuhan hi... |